Google Menguji Password Generator Pada Google Chrome

password generator

Password merupakan kunci digital untuk mengakses informasi anda. Dengan memilih password yang kuat, anda meminimalisasi seseorang untuk menjebol password yang anda gunakan, bahkan juga mengurangi resiko keamanan yang terdapat pada aplikasi atau situs yang digunakan.

Pencuri password dapat mengakses sistem, akun, atau ponsel anda tanpa sepengetahuan atau seizin anda melalui metode brute-force atau menebak password dengan karakter acak atau mengambil karakter dari kamus secara terus menerus. Metode lain yang dapat digunakan yaitu dengan berusaha me-reset akun anda menggunakan fitur lost password, menebak-nebak jawaban dari pertanyaan security yang anda gunakan dengan mencari informasi anda dari google atau profil situs jejaring sosial. Untungnya, banyak situs yang mengunci aktifitas login jika terjadi beberapa kesalahan memasukkan data atau password.

Fitur yang telah diperkenalkan Google sejak 2012 sebagai opsi pilihan ini kembali menjadi fokus perhatian pada tampilan terbaru Chrome Canary. Password generator ini tentulah menjadi saingan untuk aplikasi LassPass dan 1Password yang sudah terkenal. Dengan nama Surf Securely, fitur ini mampu melindungi pengguna Chrome dalam mengatur penggunaan password.

Meskipun hal tersebut belum jelas kepastiannya untuk disertakan dengan Chrome versi biasa, fenomena aku yang terkena aksi hack membuat fitur ini gencar untuk segera diluncurkan. Google Chrome sendiri telah menjadi browser nomor dua yang paling banyak digunakan pengguna dengan presentase sebesar 19,61% berdasarkan NetMarketShare.

Francois Beaufort sebagai karyawan google menyampaikan di Google+ jika tool ini menggunakan library C dengan FIPS 181 Automated Password Generator untuk menghasilkan password yang kuat, namun dapat diucapkan. Untuk mulai menggunakan password generator pada Chrome, anda harus menjalankan Chrome Canary dan mengaktifkan dua opsi chrome://flags/#enable-password-generation dan chrome://flags/#enable-save-password-bubble. Setelah anda mengaktifkan dua opsi ini, Chrome anda akan menampilkan notifikasi untuk membuat password ketika anda mengklik inputan yang membutuhkan isian password.

Chrome Canary sendiri merupakan browser eksperimental sebelum Chrome final dirilis sehingga penggunaan Chrome Canary terkadang kurang dapat berfungsi dengan baik. Selama ini, anda mungkin mengenal password manager, seperti LastPass, 1Password, atau pun RoboForm yang menemani browser anda untuk membuat dan menyimpan password.

Dengan aplikasi ini anda dapat membuat password yang kuat, password yang susah ditebak oleh hacker dan aplikasi. Password manager internal pada Chrome ini merupakan usaha Google untuk melindungi pengguna dari ancaman hacker yang ingin membobol akun pengguna dengan password yang lemah.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment